• Twitter
  • Instagram

Wednesday, May 22, 2013

MENGENAL CEDERA ENGKEL DAN PENANGANANNYA PADA PEMAIN FUTSAL MAUPUN SEPAK BOLA (BAGIAN II)



Ada 4 langkah penangan yang benar untuk cedera engkel, langkah-langkahnya sering disingkat dengan istilah RICE (Rest, Ice, Compression, dan Elevation).

Berikut adalah penjelasan keempat langkah-langkah tersebut.

Rest atau Istirahat

Mengistirahatkan kaki yang cedera dari berbagai pergerakan yang tidak penting atau berlebih merupakan langkah awalnya, terutama dari gerakan-gerakan menjadikan kaki penahan atau penopang.

Ice atau Es

Kompres bagian yang cedera dengan es, hal ini dilakukan untuk mengurangi bengkak. Lakukan pengkompresan selama 20 menit tiap jam, selama bagian yang cedera masih terlihat bengkak.


Compression atau Balut/ bebat

Bebat engkel yang cedera berguna untuk meminimalisir terjadinya pergerakan pada engkel. Bebat dengan rapat namun tidak erat. Jika karena bebat malah bertambah bengkak, SEGERA kendurkan/renggangkan.


Elevation

Kaki diletakkan di atas letak jantung selama 48 jam pertama. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir bengkak dan memar pada bagian yang cedera (engkel).


RICE (Rest, Ice, Compression, dan Elevation) merupakan 4 langkah dalam penanganan pertama pada cedera engkel atau keseleo engkel. Selain itu, jika diberikan obat pereda rasa nyeri, penggunaannya harus sesuai instruksi dokter.

Cedera engkel biasanya sembuh antara 2-6 minggu, namun jika tergolong parah cedera engkel memerlukan waktu pemulihan 12 minggu dan memerlukan fisioterapi.

Namun, yang perlu ditakutkan adalah ketika ternyata cedera engkel yang kita alami sudah kambuhan maka bisa jadi akan dilakukan tindakan pembedahan untuk pemulihannya.

Oleh karena itu, sebaiknya sebelum olahraga kita melakukan pemanasan dan pilih sepatu yang sesuai dengan aktivitas yang kita lakukan serta yang bisa memberikan rasa nyaman.

Sumber : www.kiperfutsalpost.net

0 comments:

Post a Comment

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

Komplek Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) unsoed Lt. 2 Jl. Dr Soeparno, Karangwangkal. Purwokerto Utara 53123

Phone number

087881029148 (dila)

Website

www.futsalunsoed.blogspot.co.id