• Twitter
  • Instagram

Tuesday, May 21, 2013

MINUM AIR DINGIN SAAT BEROLAHRAGA

Minum air dingin setelah dua jam di tempat fitnes pastinya menyegarkan. Tapi, pernahkah Anda mendengar rumor yang bilang minum air dingin setelah berolahraga itu berbahaya? Bila Anda ingin tahu lebih banyak soal kebenaran rumor tersebut, Anda wajib membaca artikel ini.


Cold water after exercise

Air adalah hal yang penting dalam kehidupan; tanpa air, Anda tidak akan bertahan hidup hingga tujuh hari. Air pun memiliki peran penting dalam berolahraga. Tahukah Anda, tubuh mengeluarkan keringat hingga 2% berat tubuh Anda setiap satu jam Anda berolahraga1. Jumlah tersebut sudah cukup untuk menurunkan konsentrasi dan performa saat berolahraga2. Tak hanya itu, jumlah air yang diminum setelah olahraga seringkali belum cukup untuk menggantikan cairan yang hilang3. Karena itu, minum cukup air selama latihan sangatlah penting.

Lalu, benarkah minum air es setelah berolahraga itu berbahaya? Sayang sekali, sampai saat ini, kami belum menemukan kasus medis akibat minum air es setelah berolahraga. Walaupun begitu, satu studi yang dipublikasikan di jurnal Physiology and Behaviourmenyebutkan bahwa air es (kira-kira bersuhu 5oC) justru lebih sedikit dikonsumsi dibanding air dingin (15oC). Alasannya, air es yang bersuhu 5oC menghilangkan rasa haus lebih cepat dibanding air dingin (yang suhunya lebih tinggi 10oC dibandingkan air es). Akibatnya adalah, tanpa sadar, orang akan minum lebih sedikit air4. Padahal, minum air setelah olahraga justru harus dimaksimalkan untuk membayar “hutang” air Anda saat berolahraga.

Cold Water during Exercise

Tertarik ikut maraton? Saat inilah air dingin justru menjadi teman sejati Anda. Riset yang dipublikasikan di jurnal Experimental Physiology menyebutkan, konsumsi air dingin justru meningkatkan waktu bersepeda hingga 11% dibandingkan konsumsi air hangat5. Konsumsi air dingin saat berolahraga, selain meningkatkan volume air yang dikonsumsi, juga menurunkan suhu tubuh yang naik saat berolahraga. Efeknya, denyut jantung lebih rendah dan teratur, serta tubuh terasa lebih bugar lebih lama.

Pada akhirnya, yang penting adalah Anda tetap terhidrasi optimal selama dan setelah berolahraga. Rekomendasi kami, tidak perlu takut terhadap air dingin, karena tidak terbukti membahayakan kesehatan. Namun, hindari meminum air yang terlalu dingin setelah olahraga agar kebutuhan cairan Anda tercukupi secara optimal.


Ref:

  1. Jeukendrup, A. dan Gleeson, M. 2004. Sport Nutrition: An Introduction to Energy Production and Performance. Illinois: Human Kinetics, Inc.
  2. J Am Coll Nut 26(5): 549S–554S, 2007
  3. Greenwood, M., Kalman, D., dan Antonio, J. 2008. Nutritional Supplements for Sports and Exercise. USA: Humana Press.
  4. Physiology & Behavior 30: 97-102, 1983
  5. Experimental Physiology 91: 925-933, 2007


0 comments:

Post a Comment

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

Komplek Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) unsoed Lt. 2 Jl. Dr Soeparno, Karangwangkal. Purwokerto Utara 53123

Phone number

087881029148 (dila)

Website

www.futsalunsoed.blogspot.co.id