• Twitter
  • Instagram

Sunday, April 28, 2013

MEMILIH SEPATU FUTSAL YANG BAIK

Kadang-kadang, ketika kita memilih sepatu futsal, kita hanya melihat dari modelnya yang bagus dan kecocokan dengan kaki. Namun ada hal lain yang harusnya jadi pertimbangan ketika kita akan membeli sepatu futsal. Berikut kami akan coba mengulas tips memilih sepatu futsal yang baik:


1. Bahan Sepatu
Memperhatikan bahan pembuatan sepatu adalah suatu hal yang paling dasar dalam memilih sepatu futsal. Beberapa pilihan bahan sepatu futsal antara lain:
  • Bahan Karbon: Sepatu futsal ini adalah salah satu terobosan terbaru di dunia industri sepatu karena menggunakan bahan serat karbon. Pengguna sepatu ini akan merasakan kenyamanan karena sepatunya yang ringan dan kuat. Bahan alternatif untuk menggantikan sepatu kulit kanguru.
  • Bahan kulit: Kebanyakan sepatu futsal berbahan dasar kulit karena mempunyai fleksibilitas yang sangat baik dan nyaman untuk pergerakan kaki dan dribbling bola dengan bagian bawah kaki.
  • Bahan Kain: Kelebihan sepatu futsal dari bahan kain adalah bobot yang lebih ringan dan mudah menyerap keringat sehingga dapat mengatur kelembaban suhu karena teksturnya yang berongga.
  • Bahan imitasi: Bahan ini sebenarnya tidak cukup baik untuk futsal karena sepatu futsal akan menjadi mudah rusak dan robek. Selain itu, sepatu terasa kaku sehingga sulit untuk bergerak dan tidak nyaman.

2. Bagian Atas sepatu
Dalam memilih sepatu futsal, perhatikan juga bagian atas sepatu. Terutama bagian depan sepatu yang biasa digunakan untuk menendang. Bagian penting itu harus dipastikan kuat dan nyaman. Perhatikan bahan yang digunakan, jahitan, dan bahan pelapis di dalamnya.

3. Bagian Belakang Sepatu
Pastikan bagian tumit anda dilindungi oleh lapisan sepatu yang baik, tidak mudah tertekuk, sol lembut dan cukup tebal untuk menahan dampak yang ditimbulkan saat berlari.

4. Jahitan / Sol
Sebuah sepatu yang baik akan menggunakan pelapis yang terbuat dari bahan yang lembut, kuat, dan mampu menyerap keringat dari kaki. Sol juga harus cukp tebal karena seringkali pelapis telapk kaki yang terlalu tipis dapat menyebabkan benturan kaki dengan lantai tidak teredam dengan baik. Seiring waktu, benturan telapak kaki ini lama kelamaan akan menyebabkan cedera.

5. Tipe Sol
Di Indonesia, sebagian tempat futsal menggunakan rumput sintetis. Untuk rumput sintetis, disarankan menggunakan sepatu dengan sol yang memiliki tonjolan atau pull sepatu atau bisa pula sol dengan material yang lebih kasar dari sol sepatu futsal biasa.

diunduh dari: http://bolalob.com/

0 comments:

Post a Comment

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

Komplek Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) unsoed Lt. 2 Jl. Dr Soeparno, Karangwangkal. Purwokerto Utara 53123

Phone number

087881029148 (dila)

Website

www.futsalunsoed.blogspot.co.id