• Twitter
  • Instagram

Monday, December 17, 2012

ANAK BARU, SEMANGAT BARU

September 2012, tepatnya saat Abdu Rachman Ghafar (Abdu) diangkat oleh Prihasmoro Putro (Putro)menjadi Ketua Umum UKM Futsal Unsoed, adalah awal revolusi besar UKM yang berdiri sejak tahun 2010 ini. Tema besar yang dibawa oleh Abdu adalah tertib administrasi keorganisasian. Langkah awalnya dengan membentuk struktural kepegurusan yang lengkap dari ketua umum hingga staf-staf divisi serta merepresentasikan setiap fakultas yang ada di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.


Dirintis sejak tahun 2009 dan disahkan oleh pihak Universitas pada tahun 2010, UKM Futsal Unsoed awalnya hanya dilakoni oleh lima orang pengurus. Sudah tentu ini menjadi pekerjaan yang cukup berat saat itu untuk menggerakkan roda organisasi dengan hanya lima orang penggerak. Namun patut diapresiasi kerja keras kelima orang tersebut karena telah berhasil mendirikan UKM yang kini telah memiliki sekretariat di Komplek  PKM Unsoed. Meski harus diakui juga bahwa masih banyak kekurangan di kepengurusan yang pertama tersebut. Diantaranya belum adanya Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang menjadi syarat wajib sebuah organisasi; kemudian juga kurangnya keterbukaan kepada civitas akademika Unsoed, khususnya mahasiswa perihal keberadaan dan kegiatannya; dan juga keorganisasiannya yang miskin regenerasi.

Sekarang di masa kepengurusan yang kedua, UKM Futsal Unsoed ingin merapikan administrasinya di tengah-tengah setiap target prestasinya di lapangan futsal. Tidak main-main dalam perekrutan pengurus, Ketua Umum dibantu para Kepala Divisi yang telah ditunjuk, melakukan screening untuk membentuk struktur pengurus UKM Futsal Unsoed periode 2012-2013. Pasca terbentuknya susunan pengurus, segera dibuat agenda serah terima jabatan dari ketua umum yang lama ke ketua umum yang baru dengan mengundang pihak Universitas, Pembina, dan delegasi dari UKM-UKM lain. Acara tersebut juga sebagai pengenalan ‘anak baru’ di Komplek PKM Unsoed tersebut dengan UKM-UKM lain yang telah lebih dulu ada di PKM Unsoed.

Banyak harapan dari seluruh civitas akademika Universitas Jenderal Soedirman ditujukan kepada UKM yang kini telah memiliki rumah dan keluarga baru, serta semangat baru ini. (Fendy)

2 comments:

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

Komplek Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) unsoed Lt. 2 Jl. Dr Soeparno, Karangwangkal. Purwokerto Utara 53123

Phone number

087881029148 (dila)

Website

www.futsalunsoed.blogspot.co.id